Rabu, 07 Desember 2016

RPP HIDROKARBON KTSP

 RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SMAN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 2
Alokasi Waktu           :  15 Menit

A. Standar Kompetensi: 
4.     Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.

B. Kompetensi dasar : 
4.1   Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.   Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
2.      Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.

D.  Tujuan:
     Siswa dapat:
1.         Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
2.         Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Ketelitian,Jujur,Komunikatif, Menghargai pendapat , Rasa ingin tahu, , Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
     Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
§    identifikasi atom C,H dan O.
§    kekhasan atom karbon.

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Diskusi





Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
·        Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H dan O dalam senyawa karbon dalam demonstarsi di kelas.

·        Siswa dapat Mendeskrips-ikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon.


V.     Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
  • Salam pembuka
  • Appersepsi
  • Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Melakukan demosntarasi percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dengan cara diskusi di dalam kelas (nilai yang ditanamkan: Ketelitian, , Rasa ingin tahu, , Tanggung Jawab, Peduli lingkungan, );
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Melakukan diskusi tentang hasil percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dengan cara diskusi di dalam kelas (nilai yang ditanamkan: Ketelitian, , Rasa ingin tahu, , Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai pendapat.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
  • Menyimpulkan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VI.  Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
         Buku Kimia; Alat dan Bahan

VII.  Penilaian: Kognitif berupa soal pekerjaan rumah.
          

                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar