RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 15 Menit
A. Standar Kompetensi:
4. Memahami
sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.
B. Kompetensi dasar :
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam
membentuk senyawa hidrokarbon
C. Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam
senyawa karbon melalui percobaan.
2. Mendeskripsikan
kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
D. Tujuan:
Siswa dapat:
1.
Mengidentifikasi
unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
2.
Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Ketelitian,Jujur,Komunikatif, Menghargai pendapat , Rasa ingin tahu, , Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan /
Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
III. Materi
Ajar :
§ identifikasi atom C,H dan O.
§ kekhasan atom karbon.
IV. Metode
pendekatan:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Diskusi
Strategi Pembelajaran
|
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
|
·
Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan
senyawa makromolekul
|
·
Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H
dan O dalam senyawa karbon dalam demonstarsi
di kelas.
|
·
Siswa
dapat Mendeskrips-ikan
kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon.
|
V. Skenario
Pembelajaran
Kegiatan awal
- Salam pembuka
- Appersepsi
- Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Melakukan demosntarasi
percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dengan
cara diskusi di dalam kelas (nilai yang ditanamkan: Ketelitian, , Rasa ingin tahu, , Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan, );
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Melakukan
diskusi tentang hasil percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam
senyawa karbon dengan cara diskusi di dalam kelas (nilai yang ditanamkan: Ketelitian, , Rasa ingin tahu, , Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai pendapat.);
- Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
- Menyimpulkan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; Alat dan Bahan
VII. Penilaian: Kognitif berupa soal pekerjaan rumah.
...............,.................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
............................ ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar