RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 15 Menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa Organik atas
dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.
Kompetensi
dasar : 4.1
Mendeskripsikan kekhasan atom karbon
dalam membentuk senyawa
hidrokarbon.
A. Indikator
Pencapaian Kompetensi:
4.1. Membedakan atom C primer, sekunder,
tersier dan kuarterner.
B. Tujuan:
4.1.1.
Menunjukan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner.
4.1.2. Menghitung jumlah atom C
primer, sekunder, tersier dan kuarterner.
ü Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Jujur, rasa ingin
tahu, mandiri
, menghargai pendapat, menghargai prestasi kerja keras, komunikatif, tanggung
jawab dan teliti.
E. SUMBER BELAJAR
1.
Buku Utama
Purba, Michael.
2006. Kimia SMA untuk Kelas X.
Jakarta: Erlangga.
2.
Buku Referensi
Salirawati, Das.2007. Belajar Kimia Secara Menarik. Jakarta: Grasindo.
F. METODE
1. Ceramah
2. Diskusi
G. ALAT dan BAHAN AJAR:
1.Alat :
a.
Handout.
b.
Papan tulis.
c.
Kartu.
2.Bahan ajar :
a. Membedakan atom C primer, sekunder, tersier dan
kuarterner. (Lampiran I)
b. Penugasan (Lampiran II)
H. Strategi Pembelajaran
|
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
|
·
Memahami
konsep atom C primer, sekunder,
tersier dan kuarterner melalui metode ceramah dan handout.
|
·
Peserta
didik mengkaji konsep atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner dengan media
kartu dan di susun sedemikian rupa bersama teman sekelompok.
|
·
Peserta
didik mampu menunjukan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner berdasarkan
instruksi guru.
|
I. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan awal ( 2 Menit)
a. Mengecek kesiapan siswa .
b. Salam pembuka dan berdoa.
c. Mengabsen peserta didik dan menanyakan yang tidak berangkat beserta
alasan .
d. Appersepsi
Anak-anak seperti yang telah dipelajari pada bab “Ikatan Kimia” bahwa semua
semua atom cenderung ingin memiliki susunan elektron yang stabil, seperti pada
gas mulia. Sifat ini menyebabkan atom berikatan satu dengan lainnya membentuk
senyawa . Kemudia kemarin kita telah mempelajari “Ciri khas atom Carbon” . Apa
saja ciri khas atom Carbon? (Atom Carbon
memiliki 4 valensi , atom karbon relatif kecil, atom karbon dapat membentuk
rantai karbon). Dari mana mengetahui atom karbon memiliki 4 valensi ? (Dari Konfigurasi elekronnya).Atom Karbon
memiliki gaya tarik inti kuat, mengapa bisa demikian ? (karena letak elektron valensinya dekat dengan inti dan atom karbon
hanya memiliki 2 kulit saja).
Karena kemampuan atom karbon inilah yang menyebabkannya dapat membentuk
ikatan anatarsesama atom karbon hingga menghasilkan rantani karbon yang
panjang.
e. Motivasi
Dengan mempelajari ini kita akan mampu mengkategorikan atom C (primer, sekunder, tersier dan
kuarterner).
J. Kegiatan Inti ( 10 Menit)
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
Memberikan materi lewat handout pengertian atom C primer, sekunder, tersier
dan kuarterner .
(nilai yang ditanamkan: Mandiri, Rasa ingin tahu,dan Teliti );
2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
Guru membentuk peserta didik menjadi berkelompok satu kelompok 4 peserta
didik. Guru memberikan kartu atom yang digunakan untuk berdiskusi kepada
peserta didik untuk dikerjakan bersama teman sekelompok berdasarkan instruksi
dari guru. Guru meminta peserta didik untuk membuat rangkaian ikatan atom C
satu dengan atom C lainnya sehingga peserta didik dapat mendiskusikan atom C
primer, sekunder, tersier dan
kuarterner .
(nilai yang ditanamkan: Ketelitian, Komunikatif, Menghargai pendapat Rasa
ingin tahu,dan Tanggung Jawab )
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasii,
guru:
Menegaskan bentuk kartu yang disusun oleh
peserta didik sudah sesuai dengan kreteria yang guru harapkan sehingga peserta
didik dapat menunjuakkan atom yang merupakan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner .
(nilai yang ditanamkan: Ketelitian, Rasa ingin
tahu,dan Menghargai pendapat.);
K. Kegiatan Akhir (3 Menit)
a. Menyimpulkan
Peserta didik dapat menyimpulkan pengertian atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Ketelitian, Komunikatif, Menghargai prestasi,dan Tanggung Jawab,.);
b. Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, dan Tanggung Jawab,.);
c. Penutup dan salam.
L. Penilaian:
Instrumen penilaian kognitif :
Lampiran II
Bentuk soal : Essay
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
............................ Annisa
NIP/NIK. 13303241030
LAMPIRAN I
A. JENIS ATOM C
DALAM SENYAWA HIDROKARBON
Terdapat 4 jenis atom C ( karbon ) dalam senyawa hidrokarbon.
1. Atom C primer ialah atom C yang
mengikat 1 atom C lain.
Contoh :
2. Atom C sekunder ialah atom
C yang mengikat 2 atom C lain.
Contoh :
3.
Atom C tersier ialah atom C yang mengikat 3 atom C lain.
Contoh :
Contoh :
4. Atom C kuarterner ialah atom C yang mengikat 4
atom C
lain.
4o 4o
LATIHAN
LAMPIRAN II
Latihan : Tunjukan dan tentukan jumlah atom C primer, sekunder, tersier, dan kuarterner nya.
1.
2.
3.
4.
5.
JAWABAN :
Latihan : Tunjukan dan tentukan jumlah atom C primer, sekunder, tersier, dan kuarterner nya.
1.
2.
3.
4.
5.
Keterangan :
Warna biru : Atom Karbon Primer.
Warna Hijau : Atom Karbo Sekunder .
Warna Merah : Atom Karbon Tersier.
Warna ungu : Atom Karbon
Kuartener.
1. Jumlah
Atom C primer : 2
Atom C sekunder : 2
Atom C tersier : 0
Atom C kuarterner : 0
2. Jumlah
Atom C primer : 3
Atom C sekunder : 1
Atom C tersier : 1
Atom C kuarterner : 0
3. Jumlah
Atom C primer : 4
Atom C sekunder : 0
Atom C tersier : 2
Atom C kuarterner : 0
4. Jumlah
Atom C primer : 4
Atom C sekunder : 2
Atom C tersier : 2
Atom C kuarterner : 0
5. Jumlah
Atom C primer : 14
Atom C sekunder : 6
Atom C tersier : 0
Atom C kuarterner : 6
Lembar Observasi Penilaian Sikap Kerja Kelompok
LEMBAR
OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
KERJA
KELOMPOK
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas :
X/2
Materi Pokok : Hidrokarbon dan Minyak Bumi
|
|
Observasi
|
|
|||||
|
No
|
Nama Siswa
|
Ketelitian
|
Menghargai pendapat
|
Rasa ingin tahu,
|
Tanggung Jawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor:
4. Sangat baik
3. Baik
2. Cukup
1. Kurang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar