Selasa, 22 Maret 2016

RPP Kekhasan Atom Karbon - Hidokarbon (Kur 2006)

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       :  SMAN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran                      :  Kimia
Kelas / Semester                    :  X / 2
Alokasi Waktu                       :  15 Menit
Standar Kompetensi            :  4.      Memahami sifat-sifat senyawa Organik atas dasar gugus fungsi   dan senyawa makromolekul.
Kompetensi dasar                 :  4.1    Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam   membentuk               senyawa hidrokarbon.

A.  Indikator Pencapaian Kompetensi: 
        4.1. Membedakan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner.

B.  Tujuan:
            4.1.1. Menunjukan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner.
4.1.2. Menghitung jumlah atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner.

ü  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, rasa ingin tahu, mandiri , menghargai pendapat, menghargai prestasi kerja keras, komunikatif, tanggung jawab dan teliti.

E.  SUMBER BELAJAR
1.    Buku Utama
Purba, Michael. 2006. Kimia SMA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
2.    Buku Referensi
Salirawati, Das.2007. Belajar Kimia Secara Menarik. Jakarta: Grasindo.

F. METODE
1. Ceramah
2. Diskusi

G. ALAT dan BAHAN AJAR:
1.Alat :
a.       Handout.
b.      Papan tulis.
c.       Kartu.
2.Bahan ajar :
a. Membedakan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner. (Lampiran I)
b. Penugasan (Lampiran II)
H. Strategi Pembelajaran

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsep atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner melalui metode ceramah dan handout.
·        Peserta didik mengkaji konsep atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner dengan media kartu dan di susun sedemikian rupa bersama teman  sekelompok.
·        Peserta didik mampu menunjukan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner berdasarkan instruksi guru.

I.       Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan awal ( 2 Menit)
a. Mengecek kesiapan siswa .
b. Salam pembuka dan berdoa.  
c. Mengabsen peserta didik dan menanyakan yang tidak berangkat beserta alasan .
d. Appersepsi
Anak-anak seperti yang telah dipelajari pada bab “Ikatan Kimia” bahwa semua semua atom cenderung ingin memiliki susunan elektron yang stabil, seperti pada gas mulia. Sifat ini menyebabkan atom berikatan satu dengan lainnya membentuk senyawa . Kemudia kemarin kita telah mempelajari “Ciri khas atom Carbon” . Apa saja ciri khas atom Carbon? (Atom Carbon memiliki 4 valensi , atom karbon relatif kecil, atom karbon dapat membentuk rantai karbon). Dari mana mengetahui atom karbon memiliki 4 valensi ? (Dari Konfigurasi elekronnya).Atom Karbon memiliki gaya tarik inti kuat, mengapa bisa demikian ? (karena letak elektron valensinya dekat dengan inti dan atom karbon hanya memiliki 2 kulit saja).
Karena kemampuan atom karbon inilah yang menyebabkannya dapat membentuk ikatan anatarsesama atom karbon hingga menghasilkan rantani karbon yang panjang.
e. Motivasi
Dengan mempelajari ini kita akan mampu mengkategorikan atom C (primer, sekunder, tersier dan kuarterner).

J. Kegiatan Inti ( 10 Menit)
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Memberikan materi lewat handout pengertian atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner .
 (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Rasa ingin tahu,dan Teliti  );
2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Guru membentuk peserta didik menjadi berkelompok satu kelompok 4 peserta didik. Guru memberikan kartu atom yang digunakan untuk berdiskusi kepada peserta didik untuk dikerjakan bersama teman sekelompok berdasarkan instruksi dari guru. Guru meminta peserta didik untuk membuat rangkaian ikatan atom C satu dengan atom C lainnya sehingga peserta didik dapat mendiskusikan atom C primer,   sekunder, tersier dan kuarterner .
 (nilai yang ditanamkan: Ketelitian, Komunikatif,  Menghargai pendapat Rasa ingin tahu,dan  Tanggung Jawab )

  3.  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasii, guru:
Menegaskan bentuk kartu yang disusun oleh peserta didik sudah sesuai dengan kreteria yang guru harapkan sehingga peserta didik dapat menunjuakkan atom yang  merupakan atom C primer,   sekunder,  tersier dan kuarterner .
 (nilai yang  ditanamkan: Ketelitian, Rasa ingin tahu,dan Menghargai pendapat.);

K. Kegiatan Akhir (3 Menit)
a. Menyimpulkan
Peserta didik dapat menyimpulkan pengertian atom C primer,   sekunder, tersier dan kuarterner
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Ketelitian, Komunikatif, Menghargai prestasi,dan Tanggung Jawab,.);
b. Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, dan Tanggung Jawab,.);
c. Penutup dan salam.

L.  Penilaian:
Instrumen penilaian kognitif   :    Lampiran II
Bentuk soal                             :   Essay

Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran

............................                                                                    Annisa
NIP/NIK.                                                                               13303241030
LAMPIRAN I
A.    JENIS ATOM  C  DALAM SENYAWA HIDROKARBON
Terdapat 4 jenis atom C ( karbon ) dalam senyawa hidrokarbon.
1. Atom C primer ialah atom C yang mengikat 1 atom C lain.
 Contoh :
2. Atom C sekunder  ialah atom C yang mengikat 2 atom C lain.
Contoh :
3.      Atom C tersier  ialah atom C yang mengikat 3 atom C lain.
Contoh :
 






4. Atom C kuarterner ialah atom C yang mengikat 4 
    atom C lain.       
Contoh :
 







4o                                                                                                            4o











LATIHAN
LAMPIRAN II
Latihan : Tunjukan dan tentukan jumlah atom C primer, sekunder, tersier, dan kuarterner nya.
1.     


2.       



3.       





4.     




5.       



























JAWABAN :
Latihan : Tunjukan dan tentukan jumlah atom C primer, sekunder, tersier, dan kuarterner nya.
1.     



2.       




3.       







4.     










5.                                       
 













Keterangan :

Warna biru      : Atom Karbon Primer.
Warna Hijau    : Atom Karbo Sekunder .
Warna Merah : Atom Karbon Tersier.
Warna ungu     : Atom Karbon Kuartener.


1.      Jumlah
Atom C primer                        : 2
Atom C sekunder                    : 2
Atom C tersier                        : 0
Atom C kuarterner                  : 0
2.      Jumlah
Atom C primer                        : 3
Atom C sekunder                    : 1
Atom C tersier                        : 1
Atom C kuarterner                  : 0
3.      Jumlah
Atom C primer                        : 4
Atom C sekunder                    : 0
Atom C tersier                        : 2
Atom C kuarterner                  : 0

4.      Jumlah
Atom C primer                        : 4
Atom C sekunder                    : 2
Atom C tersier                        : 2
Atom C kuarterner                  : 0

5.      Jumlah
Atom C primer                        : 14
Atom C sekunder                    : 6
Atom C tersier                        : 0
Atom C kuarterner                  : 6























Lembar Observasi Penilaian Sikap Kerja Kelompok

LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
KERJA KELOMPOK
Mata Pelajaran      : Kimia
Kelas                     : X/2
Materi Pokok        : Hidrokarbon dan Minyak Bumi



Observasi

No
Nama Siswa
Ketelitian
Menghargai pendapat
Rasa ingin tahu,
Tanggung Jawab
Jumlah Skor
Nilai
1.       







2.       







3.       







4.       
Dst.







Keterangan pengisian skor:
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  Cukup
1.  Kurang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar