|
Mengamati (Observing)
·
Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/
mengamati dan menyimpulkan data percobaan untuk memahami teori asam dan basa,
indikator alam dan indikator kimia, pH (asam/basa lemah,
asam/basa kuat)
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan adakah bahan-bahan disekitar kita yang dapat berfungsi sebagai indikator
·
Apa perbedaan asam
lemah dengan asam kuat dan basa lemah dengan basa kuat
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengumpulkan data (eksperimenting)
· Menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius,
Bronsted Lowry dan Lewis
· Mendiskusikan bahan alam yang dapat diguna-kan sebagai indikator
· Merancang dan mempresentasikan rancangan percobaan indikator alam dan indikator kimia, untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan indikator alam dan indikator kimia.
· Mendiskusikan perbedaan asam/basa lemah dengan asam/basa
kuat
· Merancang dan mempresentasikan rancangan percobaan membedakan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat
yang
konsentrasinya sama dengan indikator universal atau pH meter untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan membedakan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat yang konsentrasinya
sama dengan indikator universal atau pH meter
·
Mengamati dan
mencatat hasil percobaan
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengasosiasi (Associating)
· Menyimpulkan konsep asam basa
· Mengolah dan menyimpulkan data bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator.
· Menganalisis indikator yang dapat digunakan untuk
membedakan asam dan basa atau titrasi asam dan basa
· Memprediksi pH larutan dengan menggunakan beberapa indikator.
· Menyimpulkan perbedaan asam /basa lemah dengan asam/basa
kuat
· Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
· Menghubungkan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat untuk
mendapatkan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi ( Ka )
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
Dapat
ditambahkan dengan adanya visualisasi indikator nya secara langsung misal
diperlihatkan warna asam pada kertas lakmus adalah merah,
Dan
warna biru pada kertas lakmus untuk basa.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Membuat laporan percobaan dan
mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
·
Mengkomunikasikan bahan alam yang
dapat digunakan sebagai indikator asam basa
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
|
|
|
Mengamati (Observing)
· Mencari informasi dari berbagai sumber tentang titrasi asam basa .
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan apa fungsi
indikator dalam titrasi asam basa,
Indikator apa yang tepat untuk titik titrasi asam basa, kapan titrasi dinyatakan selesai?
· Bagaimana menguji kebenaran konsentrasi suatu produk,misalnya cuka dapur 25%.
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
· Merancang percobaan dan mempresentasikan hasil rancangan titrasi asam basa untuk menyamakan persepsi
· Memprediksi indikator yang dapat digunakan untuk titrasi
asam basa
· Melakukan percobaan titrasi asam basa.
· Mengamati dan mencatat data
hasil titrasi
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengasosiasi (Associating)
· Mengolah data hasil percobaan
· Menentukan konsentasi pentiter atau zat yang dititer
· Menentukan kemurnian suatu zat
· Menganalisis kurva titrasi dan menentukan titik ekivalen melalui
titik akhir titrasi
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Membuat laporan titrasi asam basa dan
mempresentasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar
·
Menngkomunikasikan bahwa untuk
menentukan kemurnian suatu zat dapat dilakukan dengan cara titrasi
asam basa.
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
|
|
|
Mengamati (Observing)
· Mencari informasi dari berbagai sumber tentang hidrolisis garam
·
Melakukan identifikasi pH garam dengan
menggunakan kertas lakmus atau indikator universal atau pH meter
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan sifat garam yang berasal dari:
-
asam kuat dan basa kuat,
-
asam kuat dan basa lemah,
-
asam lemah dan basa kuat,
-
asam lemah dan basa lemah
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
· Merancang percobaan dan mempresentasikan hasil rancangan identifikasi pH garam untuk menyamakan
persepsi
· Melakukan percobaan identifikasi garam.
· Mengamati dan mencatat hasil titrasi
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengasosiasi (Associating)
· Mengolah dan menganalisis data hasil pengamatan
· Menyimpulkan sifat garam yang terhidrolisis
· Menganalisis rumus kimia
garam-garam dan memprediksi
sifatnya
· Menentukan grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat garam yang terhidrolisis
· Menentukan tetapan hidrolisis (Kh) dan pH larutan garam
yang terhidrolisis melalui perhitungan
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Membuat laporan percobaan identifikasi
garam dan mempresentasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang
benar
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu ditambahkan
metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
|
|
|
Mengamati (Observing)
· Mencari informasi dari berbagai sumber
tentang larutan penyangga,
sifat dan pH larutan penyangga serta peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
·
Mencari informasi tentang darah yang berhubungan dengan kemampuannya dalam
mempertahankan pH terhadap penambahan asam atau basa dan pengenceran
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan pertanyaan bagaimana terbentuknya larutan
penyangga
· Mengapa
larutan penyangga pHnya relatif tidak berubah dengan
penambahan sedikit asam atau basa
·
Apa manfaat larutan
penyangga dalam tubuh makhluk hidup
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
· Menganalisis terbentuknya larutan penyangga
·
Menganalisis sifat
larutan penyangga
·
Merancang percobaan untuk mengetahui larutan yang bersifat penyangga atau
larutan yang bukan penyangga dengan menggunakan
indikator universal atau pH meter serta mempresentasikan hasil racangan untuk menyamakan
persepsi
·
Merancang percobaan untuk mengetahui sifat larutan penyangga atau larutan yang
bukan penyangga dengan
penambahan sedikit asam atau basa atau bila diencerkan serta mem-presentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan
·
Mengamati dan
mencatat data hasil pengamatan
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengasosiasi (Associating)
· Mengolah dan menganalisis data untuk menyimpulkan
larutan yang bersifat penyangga
· Menentukan pH larutan penyangga melalui perhitungan
·
Menentukan grafik
hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa
untuk menjelaskan sifat larutan penyangga
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengkomunikasikan
(Communicating)
·
Membuat laporan percobaan identifikasi
garam dan mempresentasikannya dengan mengguna-kan tata bahasa yang benar
·
Mengkomunikasikan sifat larutan
penyangga dan manfaat larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
|
|
|
Mengamati (Observing)
· Mencari informasi dari berbagai sumber
dengan membaca/mendengar/mengamati tentang
kelarutan dan hasilkali kelarutan serta memprediksi
terbentuknya endapan dan pengaruh penambahan ion senama
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kelarutan dan
hasilkali kelarutan.
· Mengapa Kapur (CaCO3)
sukar larut dalam air
?
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
· Mengumpulkan data (Eksperimenting)
· Mendiskusikan reaksi kesetimbangan kelarutan
· Mendiskusikan rumus tetapan kesetimbangan (Ksp)
· Merancang percobaan kelarutan suatu zat dan mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan kelarutan suatu zat
·
Mengamati dan
mencatat data hasil percobaan
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengasosiasi (Associating)
· Diskusi informasi tentang hubungan kelarutan dan hasil
kali kelarutan
· Diskusi informasi tentang pengaruh ion senama pada
kelarutan.
· Memprediksi kelarutan
suatu zat
· Menghitung kelarutan dan hasil kali kelarutan
·
Mengolah data hasil percobaan
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
·
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Membuat laporan percobaan dan
mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
|
|
|
Mengamati (Observing)
· Mencari informasi dari berbagai sumber
dengan membaca/mendengar/mengmati tentang sistem koloid,
sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid
dalam kehidupan sehari-hari
· Mencari contoh-contoh koloid yang terdapat dalam kehidupan
sehari-hari.
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan. Dapat ditambahkan
dengan menggunakan metode
Pengisian TTS atau permainan kelas
dengan menggunakan kartu dengan cara mecocok kan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan perbedaan larutan sejati, koloid dan suspensi,
sistem koloid
yang terdapat dalam kehidupan (kosmetik, farmasi, bahan makanan dan lain-lain)
·
Mengapa piring yang
kotor karena minyak harus dicuci menggunakan sabun?
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengumpulkan
data (Eksperimenting)
· Mendiskusikan hasil bacaan tentang sistem koloid,
sifat-sifat koloid, pembuatan koloid dan peranan koloid dalam kehidupan
sehari-hari
· Merancang percobaan pembuatan koloid dan
mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan pembuatan koloid
· Mengamati dan mencatat data
hasil percobaan
·
Mendiskusikan
bahan/zat yang berupa koloid dalam
industri farmasi, kosmetik, bahan makanan, dan lain-lain
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengasosiasi (Associating)
· Menganalisis dan menyimpulkan data percobaan
· Menghubungkan sistem koloid dengan sifat koloid
·
Diskusi informasi tentang koloid
liofob dan hidrofob
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Mempresentasikan hasil rangkuman tentang sistem koloid, sifat-sifat koloid, pembuatan koloid
dan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari
· Membuat laporan percobaan dan mempresen-tasikannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar
· Mengkomunikasikan peranan koloid dalam industri farmasi,
kosmetik, bahan makanan, dan lain-lain.
1.
Menurut kelompok kami, metode yang
digunakan sudah baik dan relevan dengan pokok bahasan.
2.
Menurut kelompok kami tidak perlu
ditambahkan metode baru karena sudah sesuai dengan kegiatan yang diterapkan.
|
|
Selasa, 22 Maret 2016
Telaah Kurikulum
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar