Nama :
Annisa
NIM : 13303241030
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/ Semester : X/ 2
Materi Pokok : Reaksi Redoks
Submateri Pokok : Konsep reaksi oksidasi dan reduksi Bilangan
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/ Semester : X/ 2
Materi Pokok : Reaksi Redoks
Submateri Pokok : Konsep reaksi oksidasi dan reduksi Bilangan
Alokasi
Waktu : 1 X 15 menit (1 Jam Pelajaran)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, pro-sedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
Peserta didik mampu :
1.1 Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
Peserta didik mampu :
1.1.1 Bersyukur
atas keberadaan reaksi redoks yang menunjukkan keseimbangan komponen di alam
sebagai salah satu kebesaran Tuhan YME.
1.1.2 Mengakui
manfaat adanya senyawa yang mengalami reaksi redoks dalam kehidupan
sehari-hari untuk kepentingan sesama manusia.
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari- hari.
|
2.1.1 Mendiskusikan hubungan antara reaksi redoks
dengan kehidupan sehari-hari untuk menunjukkan sikap kritis.
2.1.2 Menyelesaikan tugas terkait reaksi redoks
dengan sikap bertanggung jawab.
|
|
3.9.
Menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi-reduksi serta menentukan
bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
|
3.9.1 Mendiskripsikan konsep reaksi redoks.
3.9.2 Menentukan bilangan oksidasi dari
masing-masing atom dalam suatu molekul atau ion .
|
|
4.9.
Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi oksidasi-reduksi.
|
4.9.1 Mendiskusikan
contoh fenomena yang berhubungan dengan reaksi redoks dalam kehidupan
sehari-hari.
4.9.2 Menyimpulkan contoh fenomena reaksi redoks yang
berhubungan dengan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari .
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran reaksi redoks, peserta didik mampu:
1.1.1.1. Bersyukur
atas keberadaan reaksi redoks yang menunjukkan keseimbangan komponen di alam
sebagai salah satu kebesaran Tuhan YME.
1.1.2.1. Mengakui
manfaat adanya senyawa yang mengalami reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari
untuk kepentingan sesama manusia.
2.1.1.1.
Mendiskusikan hubungan antara reaksi redoks dengan kehidupan sehari-hari untuk
menunjukkan sikap kritis berupa kemampuan mengemukakan pendapat, mengajukan
pertanyaan.
2.1.2.1 Menyelesaikan
tugas terkait reaksi redoks dengan sikap bertanggung jawab sesuai dengan tugas
yang diminta.
3.9.1.1.
Menerapkan konsep reaksi redoks untuk menentukan suatu reaksi merupakan reaksi
redoks atau bukan.
3.9.1.2.
Menentukan spesi yang mengalami reaksi reduksi dan reaksi oksidasi dalam suatu
reaksi yang dialami suatu ion atau molekul.
3.9.2.1.
Menentukan bilangan oksidasi suatu atom pada ion atau molekul berdasarkan
aturan bilangan oksidasi yang berlaku.
3.9.2.2. Menentukan naik
atau turunnya bilangan oksidasi suatu atom dalam persamaan reaksi redoks
sederhana.
4.9.1.1.
Menyampaikan pendapat tentang contoh fenomena yang berhubungan dengan reaksi
redoks dalam kehidupan sehari-hari .
4.9.1.2.
Mendiskusikan reaksi yang terjadi pada contoh fenomena yang berhubungan dengan
reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari .
4.9.2.1.
Menuliskan reaksi yang terjadi pada
contoh fenomena yang berhubungan dengan reaksi redoks dalam kehidupan
sehari-hari .
4.9.2.2. Menyimpulkan
reaksi yang terjadi pada contoh fenomena reaksi redoks dalam kehidupan
sehari-hari.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
PERTEMUAN
1
1.1
Perkembangan Konsep Reaksi Redoks.
1.2
Bilangan Oksidasi.
1.3
Oksidator, Reduktor, hasil oksidasi, dan
hasil reduksi.
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan
saintifik
2. Metode
ceramah.
3. Diskusi.
F.
Sumber
Belajar
1. Buku
Utama
Purba, Michael. 2006. Kimia SMA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
2.
Buku
Referensi
Salirawati,
Das.2007. Belajar Kimia Secara Menarik. Jakarta:
Grasindo.
3.
Situs Internet.
a. www.Youtube.com
b. Google.com
G.
Media
Pembelajaran
1.
Microsoft power point.
2.
Video singkat contoh fenomena reaksi redoks.
3.
Papan tulis.
4.
Laptop.
5.
LCD projector.
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Berdoa
dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.
Motivasi
Pernahkan kamu mendengar
istilah reduksi dan oksidasi atau sering kita singkat yaitu redoks? Sebenarnya
tanpa kita sadari mungkin reaksi redoks sudah sering terjadi disekitar kita.
Apakah kamu mengetahui bahwa keseimbangan di alam karena adanya reaksi redoks?
Maka, dalam pertemuan kali ini kita akan mengetahui secara mendetail tentang
reaksi redoks .
c.
Apersepsi
Pernahkah kamu
memperhatikan sesaat setelah diiris, daging buah apel berwarna putih akan
tetapi, beberapa lama misalnya 15 menit setelah diiris dan dibiarkan di udara
terbuka, warna daging buah apel perlahan-lahan berubah menjadi cokelat. Mengapa
hal ini terjadi? Hal tersebut merupakan ciri terjadinya reaksi kimia, tepatnya
reaksi redoks. Selain itu, reaksi redoks juga terjadi pada beberapa peristiwa
lainnya misalnya pada petir di udara . Bagaimana sebenarnya konsep terjadinya
reaksi redoks? Untuk dapat menjawabnya, pelajarilah materi redoks yang akan
dibahas pada pertemuan ini.
d.
Tujuan
Pembelajaran
Pendidik menjelaskan
tujuan pembelajaran tentang perkembangan konsep reaksi redoks dan bilangan
oksidasi.
e.
Cakupan
Pembelajaran
Pendidik menjelaskan
cakupan pembelajaran tentang pengertian reaksi redoks, cara menentukan spesi
yang mengalami reduksi dan oksidasi, aturan bilangan oksidasi dan cara menentukan
bilangan oksidasi suatu atom dalam ion atau molekul yang ada pada reaksi
redoks.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
Untuk lebih nyata dalam
memberi gambaran pada peserta didik tentang identifikasi reaksi redoks serta
untuk memotivasi peserta didik mempelajari submateri ini, maka peserta didik
diminta menyaksikan video yang berkaitan dengan terjadinya reaksi redoks.
b.
Menanya
Melalui tanya jawab
dengan peserta didik, pendidik menggali pengetahuan peserta didik tentang penegrtian
reaksi redoks dan contoh fenomena reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Mengumpulkan
informasi
Setelah melakukan tanya
jawab mengenai hal-hal mendasar tentang reaksi redoks. Pendidik menjelaskan
perkembangan konsep reaksi redoks
beserta bilangan oksidasi .
d.
Mengolah/mengasosiasikan
Pendidik memberikan
contoh reaksi redoks yang dapat membantu peserta didik untuk lebih memahami
konsep redoks. Dari contoh tersebut, pendidik menuntun peserta didik untuk
menyelesaikan reaksi redoks dengan menentukan bilangan oksidasi suatu atom. Pendidik
menyimpulkan submateri reaksi redoks secara keseluruhan dan memberikan
penekanan pada hal-hal penting sehingga peserta didik memahami materi secara
baik.
e.
Mengkomunikasikan
Peserta didik menuliskan
bilangan oksidasi di depan kelas dan menyebutkan bilangan oksidasi beberapa
unsur atau unsur dalam senyawa.
3.
Penutup
a.
Simpulan
Peserta didik dengan
dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang pengertian reaksi
redoks, pengertian dan aturan bilangan oksidasi dalam suatu reaksi redoks. Peserta
didik diberikan arahan tentang cara menentukan bilangan oksidasi dari suatu
atom dalam persamaan reaksi redoks sederhana.
b.
Evaluasi
Memberikan pertanyaan
kepada peserta didik tentang bilangan oksidasi dalam suatu atom dalam persamaan
reaksi redoks sederhana .
c.
Refleksi
Meminta umpan balik pada
peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah
pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta
didik.
d.
Tindak
Lanjut
Peserta
didik diberi tugas kelompok terkait materi reaksi redoks untuk dikerjakan di
rumah dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Tugas kelompok berupa soal
analisis terhadap salah satu contoh reaksi redoks yang dikerjakan secara
diskusi kelompok. Tugas ini dipelajari di rumah dan pada pertemuan yang akan
datang didiskusikan dengan kelompok masing-masing.
e.
Penutup
Berdoa dan salam untuk
menutup kegiatan pembelajaran.
I.
Sikap
spiritual
Rubrik untuk melakukan penilaian sikap
spiritual pada Lampiran 1.
Sikap
Sosial
Rubik
untuk melakukan penilaian sikap sosial pada Lampiran 2.
Pengetahuan
Rubrik untuk melakukan penilaian dan soal tes
pengetahuan pada Lampiran 3.
Keterampilan
Rubrik untuk melakukan penilaian keterampilan
pada Lampiran 4.
Yogyakarta,
15 April 2015 Mengetahui,
Kepala SMAN 1 YOGYAKARTA Guru Mata Pelajaran
________________________ Annisa
NIP. ... NIM 13303241030
Lampiran 1.
CONTOH RUBRIK PENILAIAN SPIRITUAL
|
No
|
N a m a
Peserta Didik
|
Bersyukur
atas keberadaan reaksi redoks yang menunjukkan keseimbangan komponen di alam
sebagai salah satu kebesaran Tuhan YME.
|
Mengakui manfaat adanya
senyawa yang mengalami reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari untuk
kepentingan sesama manusia.
|
Total Skor
|
||||||
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Nilai
Selalu = 4 Skor minimal = 4 0
– 4 = kurang
Sering =
3 Skor maksimal = 16 5
– 8 = cukup
Jarang = 2 9
– 12 = baik
Tidak Pernah = 1 13
– 16 = sangat baik
JABARAN INDIKATOR PENILAIAN SPIRITUAL
|
No.
|
Tujuan Pembelajaran
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|
1.
|
Bersyukur atas
keberadaan reaksi redoks yang menunjukkan keseimbangan komponen di alam
sebagai salah satu kebesaran Tuhan YME.
|
4
(sangat baik)
|
Jika
pada saat pendidik menjelaskan materi tentang reaksi redoks, peserta didik
mampu menghubungkan feno-mena alam dalam kehidupan sehari-hari dengan reaksi
redoks.
|
|
3
(baik)
|
Jika
pada saat pendidik menjelaskan materi tentang reaksi redoks, peserta didik
mengetahui adanya fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari tetapi tidak
dapat menghubungkannya dengan reaksi redoks.
|
||
|
2
(cukup baik)
|
Jika
pada saat pendidik menjelaskan materi tentang reaksi redoks, peserta didik
memahami reaksi redoks tetapi tidak dapat menghubungkannya de-ngan fenomena
alam dalam kehi-dupan sehari-hari.
|
||
|
1
(kurang baik)
|
Jika
pada saat pendidik menjelaskan materi tentang reaksi redoks, peserta didik
tidak dapat mengidentifikasi fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari dan juga tidak dapat memahami reaksi redoks
serta tidak mengetahui hubungan keduanya karena kurangnya rasa syukur.
|
||
|
2.
|
Mengakui
manfaat adanya senyawa yang mengalami reaksi redoks dalam kehidupan
sehari-hari untuk kepentingan sesama manusia.
|
4
(sangat baik)
|
Peserta
didik mengakui keberman-faatan reaksi redoks dengan ke-mampuan menyebutkan
manfaat re-aksi redoks yang terjadi dalam ke-hidupan sehari-hari.
|
|
3
(baik)
|
Peserta
didik menyadari keberman-faatan reaksi redoks. Akan tetapi tidak mampu
menyebutkan manfaat reaksi redoks yang terjadi dalam kehi-dupan sehari-hari.
|
||
|
2
(baik)
|
Peserta
didik tidak menyadari keber-manfaatan reaksi redoks. Akan tetapi, mampu menyebutkan
manfaat reaksi redoks yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
|
1
(kurang baik)
|
Peserta
didik tidak menyadari keber-manfaatan reaksi redoks dan juga tidak mampu
menyebutkan manfaat reaksi redoks yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Lampiran 2.
CONTOH RUBRIK PENILAIAN SOSIAL
|
No
|
N a m a
Peserta Didik
|
Mendiskusikan
hubungan antara reaksi redoks dengan kehidupan sehari-hari untuk menunjukkan
sikap kritis.
|
Menyelesaikan tugas terkait reaksi
redoks dengan sikap bertanggung jawab.
|
Total Skor
|
||||||
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Nilai
Selalu = 4 Skor minimal = 4 0
– 4 = kurang
Sering =
3 Skor maksimal = 16 5
– 8 = cukup
Jarang = 2 9
– 12 = baik
Tidak Pernah = 1 13
– 16 = sangat baik
JABARAN INDIKATOR
PENILAIAN SOSIAL
Peserta didik mampu
:
|
No.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|
1.
|
Mendiskusikan hubungan antara reaksi
redoks dengan kehidupan sehari-hari untuk menunjukkan sikap kritis.
|
4
(sangat baik)
|
Jika
pada saat pendidik menjelaskan materi tentang reaksi redoks, menyebutkan
contoh fenomena reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari dan dapat
menuliskan reaksi redoks yang terjadi serta menentukan spesi yang mengalami
reaksi oksidasi dan reduksi.
|
|
3
(baik)
|
Jika
pada saat pendidik menjelaskan materi tentang reaksi redoks, me-nyebutkan
contoh fenomena reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari dan dapat
menuliskan reaksi redoks yang terjadi. Tetapi tidak dapat menentukan spesi
yang mengalami reaksi oksidasi dan reduksi.
|
||
|
2
(cukup baik)
|
Jika
pada saat pendidik menjelaskan materi tentang reaksi redoks, menyebutkan
contoh fenomena reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi tidak dapat
menuliskan reaksi redoks yang terjadi dan juga tidak dapat menentukan spesi yang mengalami reaksi
oksidasi dan reduksi.
|
||
|
1
(kurang baik)
|
Jika
pada saat pendidik menjelaskan materi tentang reaksi redoks, tidak dapat
menyebutkan contoh fenomena reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari dan
tidak dapat menuliskan reaksi redoks yang terjadi dan juga tidak dapat menentukan spesi yang mengalami reaksi
oksidasi dan reduksi.
|
||
|
2.
|
Menyelesaikan tugas terkait reaksi redoks dengan
sikap bertanggung jawab.
|
4
(sangat baik)
|
Ketika
pendidik memberikan tugas terkait reaksi redoks, menyelesaikan tugas dengan
baik dan mengumpulkannya tepat waktu.
|
|
3
(baik)
|
Ketika
pendidik memberikan tugas terkait reaksi redoks, menyelesaikan tugas dengan
baik tetapi tidak mengumpul-kannya tepat waktu.
|
||
|
2
(baik)
|
Ketika
pendidik memberikan tugas terkait reaksi redoks, tidak menyelesaikan tugas
dengan baik tetapi mengumpulkannya tepat waktu.
|
||
|
1
(kurang baik)
|
Ketika
pendidik memberikan tugas terkait reaksi redoks, tidak menyelesaikan tugas
dengan baik dan tidak mengumpulkannya tepat waktu.
|
Lampiran 3.
RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN
|
No.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Butir
Soal
|
|
1.
|
Menerapkan konsep reaksi redoks untuk
menentukan suatu reaksi merupakan reaksi redoks atau bukan.
|
Soal pilihan ganda :
Di bawah ini adalah reaksi redoks , kecuali..
a. N2
+ 3H2 à 2NH3
b. 2NO
+O2 à 2NO2
c. Cl2
+ 2I- à 2Cl- +I2
d. SO2
+ OH- à HSO3-
e. Al
+ 2KOH + 2H2O à
2KAlO2 + 3H2
Soal uraian :
Dari reaksi kimia berikut ini, tentukan
apakah reaksi tersebut merupakan reaksi redoks atau bukan beserta alasannya!
a. 2KClO3-
à
2KCl + 3O2
b. 2FeCl3
+ H2S à 2FeCl2 +
2HCl + S
c. Mg(OH)2
+ 2HCl à
MgCl2 + 2H2O
|
|
2.
|
Menentukan spesi yang mengalami reaksi
reduksi dan reaksi oksidasi dalam suatu reaksi yang dialami suatu ion atau
molekul.
|
Soal pilihan ganda:
Dari reaksi Fe2O3
+ 3CO à
2Fe + 3CO2
Yang mengalami reduksi adalah ...
a.
Fe
b.
CO
c.
Fe2O3
d.
CO2
e.
Tidak ada yang mengalami reduksi
Soal Uraian :
Dari reaksi redoks berikut ini,
tentukanlah spesi yang mengalami reaksi reduksi dan reaksi oksidasi!
a. Cl2
+2KOH à
KCl + KClO + H2O
b. 2Al
+ Fe2O3 à
Al2O3 + 2Fe
c. 3MnO2
+ KClO3 à 3K2MnO4
+ KCl + 3H2O
|
|
3.
|
Menentukan bilangan oksidasi suatu atom
pada ion atau molekul berdasarkan aturan bilangan oksidasi yang berlaku.
|
Soal pilihan ganda :
Fosfor dalam senyawa Ca2P2O7.4H2O
adalah...
a.
+3
b.
+5
c.
-3
d.
-5
e.
+7
Soal uraian :
Tentukan bilangan oksidasi atom Mn
dalam molekul berikut ini!
a. MnO2
b. K2MnO4
c. Mn2O3
|
|
4.
|
Menentukan
naik atau turunnya bilangan oksidasi suatu atom dalam persamaan reaksi redoks
sederhana.
|
Soal pilihan ganda :
Senyawa klor berfungsi sebagai oksidator
terjadi pada reaksi ...
a.
ClO2- à
ClO3-
b.
ClO4 à
Cl-
c.
ClO- à
ClO4-
d.
Cl- à
ClO2-
e.
Cl2 à
ClO3-
Soal uraian :
Tentukan perubahan bilangan oksidasi,
oksidator, reduktor, hasil oksidasi dan hasil reduksi dari masing-masing
persamaan reaksi redoks berikut ini!
a. PbO
+ H2 à Pb + H2O
b. Cl2
+ SO2 + 2H2O à
2HCl + H2SO4
c. Mg
+ CuSO4 à MgSO4 + Cu
|
Lampiran 4.
LEMBAR
PENILAIAN KETERAMPILAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelompok :
Anggota Kelompok :
|
No.
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
|
1.
|
Keterampilan
menyampaikan pendapat
|
||
|
Peserta didik 1
|
|
|
|
|
Peserta didik 2
|
|
|
|
|
Peserta didik 3
|
|
|
|
|
2.
|
Keterampilan
berdiskusi
|
||
|
Peserta didik 1
|
|
|
|
|
Peserta didik 2
|
|
|
|
|
Peserta didik 3
|
|
|
|
|
3.
|
Keterampilan
menuliskan reaksi
|
||
|
Peserta didik 1
|
|
|
|
|
Peserta didik 2
|
|
|
|
|
Peserta didik 3
|
|
|
|
|
4.
|
Keterampilan
menyimpulkan
|
||
|
Peserta didik 1
|
|
|
|
|
Peserta didik 2
|
|
|
|
|
Peserta didik 3
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
Peserta
didik 1 peserta
didik 2
peserta didik 3
|
||
Keterangan
nilai
è sangat
baik : 4
baik : 3
cukup : 2
kurang : 1
baik : 3
cukup : 2
kurang : 1
è jumlah
skor minimal : 16
jumlah
skor maksimal : 4
“TUGAS KELOMPOK”
REAKSI REDOKS
Diskusikan
dengan teman-temanmu tentang :
1. Reaksi
pembakaran lembaran magnesium pada kembang api tetes. Apakah reaksi pembakaran tersebut
termasuk reaksi reduksi ataukah reaksi oksidasi?
2. Kerak
pada dasar panci yang menyebabakan penghambatan panas. Apakah pada kerak
terjadi reaksi reduksi atau oksidasi? (besi yang berkarat)
Salinlah tugas ini secara individu dalam folio
bergaris sesuai format yang ditentukan dan presentasikan secara berkelompok di
depan kelas!
Format
tugas kelompok reaksi redoks :
Nama :
kelompok :
kelompok :
1. a.
Reaksi pembakaran lembaran magnesium
...........................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
Reaksi kerak pada kerak dasar panci
...........................................................................................................................................................................................................................................................................
2. a.
Analisis reaksi pembakaran lembaran magnesium
............................................................................................................................................................................................................................................................................
a.
Analisis kerak pada dasar panci
............................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Kesimpulan
a.
...............................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar